Soal Latihan Akhir Bab 2 (INFTK Kelas 8)

Buku Informatika untuk SMP/MTs Kelas VIII (Penerbit Erlangga)

A. Pilihan Ganda

1.  Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk menerima input dari pengguna adalah... (C)

2. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk menjalankan proses adalah... (A)

3. Pernyataan yang tidak benar tentang pseudocode adalah... (B)

4. Variabel digunakan dalam suatu program untuk... (A)

5. Berikut yang tidak benar tentang variabel adalah... (A)

6. Pada Scratch, nilai berikut yang mungkin disimpan oleh variabel adalah... (D)

7. Perintah yang digunakan untuk membuat variabel baru pada Scratch adalah... (B)

8. Perintah yang digunakan untuk memberikan nilai 100 pada variabel Jumlah pada Scratch adalah blok perintah... (B)

9. Pada Scratch, pengaturan yang dapat digunakan dapat digunakan pada variabel tanpa menggunakan blok perintah adalah... (C)

10. Pada Scratch, nama variabel berikut yang cocok (dapat) digunakan adalah... (A)

11. Kumpulan operator perbandingan yang terdapat di Scratch adalah...

12. Operator logika yang terdapat pada Scratch adalah...

13. Jika operator AND dan OR menggabungkan nilai dari dua variabel, nilai yang dikembalikan oleh AND dan OR akan sama jika...

14. "Peserta didik dinyatakan lulus jika nilai ujian peserta didik lebih besar atau sama dengan 80". Perhatikan beberapa operator berikut:

(1) =

(2) >

(3) =>

(4) AND

(5) OR

Di Scratch, untuk membuat logika dari statemen tersebut, kita akan melibatkan operator perbandingan dan logika yang ditunjukkan oleh nomor...

15. "Seorang peserta didik baru dapat diterima di SMP Erlangga jika memiliki nilai matematika di atas 80 atau bahasa inggris sama dengan atau di atas 80". Perhatikan beberapa operator berikut.

(1) =

(2) >

(3) =>

(4) AND 

(5) OR

Di Scratch, untuk membuat logika dari statemen tersebut kita akan melibatkan operator perbandingan dan logika yang ditunjukkan oleh nomor... 

16. Jika suatu persyaratan terpenuhi, program akan menjalankan Proses A, kemudia Proses B dan Proses C. Jika kondisi tidak dipenuhi, program akan menjalankan Proses C. Kasus tersebeut termasuk kondisi...

17. Jika suatu persyaratan terpenuhi, program akan menjlanakan Proses A, kemudian Proses B dan Proses C. Jika kondisi tidak dipenuhi, program akan menjalankan Proses D. Kasus tersebut termasuk kondisi...

18. Kondisi satu percabangan di Scratch diterapkan dengan menggunakan blok perintah...

19. Kondisi dua percabangan di Scratch diterapkan dengan menggunakan blok perintah...

20. Kondisi tiga percabangan di Scratch dapat diterapkan dengan menggunakan blok perintah...

21. Jika kita mempunyai blok perintah if then dan if then else, blok perintah yang dibutuhkan untuk menerapkan empat kondisi percabangan adalah...

22. Blok perintah berikut yang digunakan untuk perulangan di Scratch adalah...

23. Blok perintah yang digunakan jika jumlah perulangan yang dijalankan telah diketahui adalah blok perintah...

24. Blok perintah yang sering digunakan pada game dengan gerakan sprite tidak pernah berhenti sampai diinterupsi adalah blok perintah...

25. Blok perintah yang dijalnkan sampai suatu tujuan dicapai adalah blok perintah perulangan...


B. Esai

1. 






Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Informatika Kelas 8 Bab 1 Semester 1 (SMP Labschool Jakarta)

Kegiatan peringatan Maulid Nabi dan Loketa Bulba Labschool 2020

Libur Akhir Tahun Pandemi 2020